Kamis, 02 Juni 2011
PROPOSAL PENELITIAN STUDI TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA AKPER UNMUH SURABAYA TERHADAP KEPEDULIAN PADA PENCEGAHAN HIV/AIDS
PROPOSAL PENELITIAN
STUDI TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA AKPER UNMUH SURABAYA TERHADAP KEPEDULIAN PADA PENCEGAHAN HIV/AIDS
OLEH :
FAHRUN NUR ROSYID
NIM 01030309 B
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2002
BAB 1
PENDAHULUAN
Pada bab ini akan diuraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian serta manfaat dan relevansi penelitian.
1.1 Latar Belakang
Hasil beberapa studi yang dilakukan oleh Jaringan Epidemologi Indonesia (1992) terhadap perawat dan siswa keperawatan menunjukkan bahwa pengetahuan tentang HIV/AIDS sudah mencukupi,tetapi kesadaran terhadap resiko penularan HIV/AIDS dalam menjalankan tugas masih rendah,seperti mereka kurang mengerti tentang cara yang benar mensterilkan peralatan,dan belum diterapkannya universal precaution pada penanganan cairan tubuh. Hal ini disebabkan sebagian besar tenaga perawat dan siswa keperawatan belum mendapat informasi yang benar tentang HIV/AIDS,sumber informasi masih terbatas hanya dari media massa,peserta didik belum mendapatkan pelajaran tentang HIV/AIDS secara lengkap walaupun hal tersebut sudah terdapat dalam kurikulum.(Jaringan Epidemologi Indonesia,1992)
Penyakit AIDS yang disebabkan oleh human immunodefciency virus (HIV) sudah menyebar dengan cepat diberbagai bagian dunia dan WHO sudah mengatakan sebagai sebuah pandemi yang dapat mengancam kelestarian umat manusia(Hadi P.,dkk :15).Lebih mengerikan lagi,adalah informasi yang diperoleh dari pusat AIDS International atau Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard,Amerika Serikat yakni jumlah orang yang terinfeksi virus AIDS yang telah berkembang secara penuh akan terus meningkat sampai 10 kali lipat.(Rahardian Vrisuba,2001;17).
Penyakit AIDS bagaikan gunung es (ice berg phenomena) yang tampak hanya puncaknya saja.Operasionalnya ibarat salju yang menggelinding menerjang siapa saja yang tidak waspada.(Ghazali M.Amin,2001;129)
Menurut Prof.J.Man memperkirakan bahwa tahun 2005 akan terjadi ledakan AIDS.Perambahannya merupakan deret ukur plus dengan kecepatan setiap satu menit 3 orang terinfeksi pada tahun tersebut.Mereka yang terkena infeksi pada tahun tersebut mencapai 110 juta orang,artinya 1 diantara 50 penduduk terinfeksi HIV/AIDS.Di Indonesia saat ini, pengidap HIV adalah 80 – 120 ribu.Menurut laporkan Depkes RI sejak tahun 1987 hingga Maret 2002 ada 2.876 kasus HIV/AIDS.(Jawa Post,Sabtu 15 Juni 2002;15)
Keganasan dan bahaya AIDS,sangat mengerikan dan tidak berampun,terutama karena ia selalu akan menjatuhkan vonis mati,kepada siapa saja yang telah menjadi korbannya.(Rahardian Vrisuba,2001;32) Hebatnya AIDS di samping mematikan juga merupakan penyakit yang berlabel eksekutif,mahal perawatannya.
Kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS sangat tergantung pada pengetahuan dan sikap,perilaku dan faktor-faktor lain yang terkait.Sebagai tenaga keperawatan (mahasiswa keperawatan) yang merupakan barisan terdepan serta mempunyai peran sangat besar dalam melawan HIV/AIDS (Dewit,1998;183), oleh karena itu tenaga keperawatan harus dibekali dengan pengetahuan dan sikap
serta perilaku yang menunjang pelaksanaan tugasnya di masyarakat khususnya dalam hal pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.
Dengan melihat fenomena-fenomena diatas,perlu adanya penelitian tentang pengetahuan dan sikap mahasiswa Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya terhadap kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Pernyataan Masalah
Sehubungan dengan berbagai permasalahan diatas,peneliti ingin mengetahui tentang pengethuan dan sikap mahasiswa tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Surabaya.
Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1) Bagaimana tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pencegahan dan penanggulanagn HIV/AIDS
2) Darimana informasi tentang HIV/AIDS yang diperoleh mahasiswa
3) Bagaimana kepedulian mahasiswa terhadap pencegahan HIV/AIDS dan bentuk kegiatan
4) Apa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS
1.2.2 Pertanyaan Masalah
1) Bagaimanakah tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pencegahan dan penanngulangan HIV/AIDS?
2) Darimanakah informasi HIV/AIDS yang diperoleh mahasiswa?
3) Bagaimanakah kepedulian mahasiswa terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dan bentuk kegiatan?
4) Apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS?
1.3 Tujuan
1.3.1 Tujuan Umum
Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa Akper Unmuh Surabaya terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.
1.3.2 Tujuan Khusus
1) Mengetahui sumber informasi tentang HIV/AIDS dari mahasiswa
2) Mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang HIV/AIDS
3) Mengetahui kepedulian mahasiswa terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di masyarakat
4) Mengetahui ada tidaknya adanya hubungan pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS
1.4 Manfaat
1.4.1 Bagi Institusi
1) Dapat mengetahuan pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS
2) Dapat menentukan strategi untuk pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di kampus
1.4.2 Bagi PSIK
Adapun manfaat penelitian ini bagi PSIK FK Unair adalah dapat menjadikan masukan perbandingan teori dan kenyataan dalam kaitannya dengan pengetahuan dan siakp terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS
1.4.3 Bagi Peneliti
Adapun manfaat bagi peneliti ini adalah menjadikan suatu masukan dan merupakan pengalaman tentang pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.Untuk membuktikan bahwa pengetahuan yang cukup dapat menentukan dapat menentukan sikap yang positif atau menunjang kesehatan dalam ilmu pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku
1.5 Relevansi
AIDS,merupakan sindrom yang fatal ini telah melanda dunia dan mengancam eksistensi manusia, serta terjadi peningkatan kasus dari tahun ke tahun. Mengingat kesadaran terhadap resiko penularan HIV/AIDS dalam menjalankan tugas masih rendah,seperti kurang mengerti cara yang benar mensterilkan peralatan,dan belum diterapkanya universal precaution serta penanganan cairan secara benar, mengingat Surabaya adalah Kota Metropolitan kedua di Indonesia,sangat potensial akan terjadi peningkatan HIV/AIDS.Penelitian ini relevan dengan masalah tersebut,terutama mengenai pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS,dengan demikian diharapkan dengan pengetahuan yang cukup dan sikap yang baik mahasiswa keperawatan dapat ikut mencegah HIV/AIDS.
BAB 2
TINJAUAN TEORI
Pada bab ini berisi tinjauan pustaka yang meliputi (1) konsep dasar tentang AIDS,(2) Pengetahuan,dan Sikap.
2.1 Konsep Dasar tentang AIDS
2.1.1 Pengertian AIDS
AIDS merupakan singkatan dari Aquired Immune Deficiency Syndrome.
AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh virus yang disebut HIV.Dalam bahasa Indonesia dialihkan sebagai sindrom cacat kekebalan tubuh dapatan.(Depkes RI,1997;17)
2.1.2 Cara transmisi
HIV ditransmisikan dengan cara terbatas,antara lain melalui kontak seksual,komponen darah,dan secara perinatal.(Peter dan Esther,1997;615)
HIV telah diisolasi dari sejumlah cairan tubuh,termasuk darah,saliva,urin,cairan serebrospinal,dan keringat.Virus HIV seringkali menginfeksi sel limfosit T helper (juga dikenal dengan nama T4+,CD4+,OKT4+).Walupun begitu temuan tersebut tidak berarti bagi kesehatan.Tidak ada bukti yang menyatakan bahwakontak dengan saliva atau air mata penderita dapat menyebabkan seseorang terinfeksi.(Richard dan Borucki,1997:9)
Kegiatan dan/atau perilaku yang dianggap mempunyai resiko tinggi dan seringkali adahubungannya dengan infeksi HIV antara lain hubungan seksual melalui vagina dan atau hubungan seksual melalui anal serta kegiatan seksual lainnya yang potensial dapat menyebabkan seseorang terinfeksi oleh HIV.Kegiatan seksual lain yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya infeksi HIV antara lain :
(1) Anilingus:menginduksi hubungan intim di daerah anal dengan menggunakan lidah.
(2) Cunnilingus: menginduksi hubungan intim di daerah vagina/klitoris dengan menggunakan lidah(resiko lebih tinggi saaat menstrulasi)
(3) Fellatio:menginduksi hubungan intim padadaerah genital pria dengan menggunakan lidah dan penghisapan (resiko lebih tinggi bila ejakulasi terjadi di dalam mulut)
(4) Fisting:memasukan atau meletakan tangan,kepalan tangan,ataupun lengan bawah ke dalam rektum atau vagina
(5) Urolagnia:menginduksi hubungan intim dengan cara mengeluarkan urin ke dalam kulit (lebih berisiko bila terdapat luka terbuka pada kulit,oral,vagina,atau rektum)
(6) Memakai benda-benda seks pada rektum dan/atau vagina
(7) Bergantian menggunakan jarum suntik dan penggunaan yang sering pada pecandu obat
(8) Penderita hemofillia dan mereka yang menerima transfusi darah terutama sebelum pertengahan tahun 1985
(9) Transmisi ibu-janin: wanita yang terinfeksi HIV menularkan HIV ke janin yang dikandungnya bak saat dalam kandungan maupun saat melahirkan (25% dari 35% kasus).
Kegiatan dan/atau perilaku yang dianggap mempunyai resiko rendah dan seringkali tak ada hubungannya dengan infeksi HIV antara lain:
(1) Transmisi okupasi: dari bukti yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa tenaga kesehatan mempunyai resiko kecil terhadap tansmisi okupasi(misalnya melalui jarum suntik) (kurang dari 0.4% atau 1:200).
(2) Kontak yang tak disengaja: tidak ada bukti yang menyatakan bahwa AIDS atau HIV dapat ditransmisikan melalui udara,makanan,air,cairan muntahan,arthrooda(nyamuk),atau melalui kontak yang tak disengaja (misal berpelukan atau berciuman).
2.1.3 Imunologi
Imunitas merupakan respon adaptif yang normal.Sistem imun ini melindungi tubuh dari invasi mikroba dan mencegah terjadinya proliferasi sel yang mengalami mutasi seperti yang terjadi pada pertumbuhan neoplasma.(Borucki,1997;17)
Saat ini pengetahuan mengenai sistem imun semakin meningkat melalui pengalan-pengalaman almi yang diperoleh dari individu yang mendapat gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya baik itu yang diperoleh karena faktor herediter maupun karena kelainan kongenital.Dari pengalan-pengalaman tersebut diketahui bahwa perkembangan respon imun yang normal dapat terjadi dua perlengkapan senajata yang bekerja secara paralel,yang pertama Humoral dan yang lain adalah Seluler.Pengertian Humoral dan Seluler menyatakan bahwa sistem imun humoral bekerja melalui antibodi dan sistem imun seluler melaui sel di mana sebagian sel tersebut adalah sel T yang bersifat sitotoksik.(Borucki,1997;17)
Kedua persenjataan tersebut pada awalnya tergantung pada sel-sel untuk mengenali,memproses,dan mempresentasikan antigen-antigen asing.Antigen-presenting-cells (APCs) ini biasanya berasal dari monosit/atau makrofag dan mempunyai cara yang unik dalam mengenali dan memberikan reaksi terhadap berbagai antigen asing yang sebelumnya tidak dikenal.Antigen APCs sangat unik karena mereka dapat berrespon terhadap berbagai antigen asing.APCs menfagositosis antigen asing (bakteri,virus,parasit,sel-sel tumor,jaringan yang ditransplantasikan),memproses antigen tersebut kemudian memperlihatkan antigen tersebut pada permulaan sel mereka sehingga sel-sel respon imun yang lainnya (sel-sel B dan T) dapat mengenali antigen-antigen ini sebagai antigen asing .Setelah matang,sel B dan sel T akan mengenali antigen tersebut secara spesifik dan hanya bekerja menghadapi antigen itu saja.Kedua sel tersebut dapat saja berespon terhadap antigen yang mirip tetapi sama sekali tidak akan berespon terhadap antigen yang sangat berbeda dengan antigen target mereka.Kemampuan respon imun tubuh untuk mengenali berbagi macam antigen kemudian tergantung pada skenario yang diatas yang diulang terus-menerus sehingga tubuh mengenali setiap antigen asing yang baru.(Borucki,1997;17-18)
Sekali terstimulasi oleh interaksi APC,antigen asing dan berbagi macam modulator imun (interferon dan interleukin),sel-sel B mengalami transformasi dan membelah diri dalam proses ekspansi klonal.Selama proses maturasi berlangsung sel-sel B menjadi sel-sel plasma yang membawa imunoglobulin spesifik (suatu antibodi yang disingkat menjadi Ig atau Ab) pada permukaan selnya dan bila terangsang akan mensekresi imunoglobulin disekitar lingkungannya.Sel-sel plasma mungkin masih tetap belum bekerja selama respon awal sampai permukaan imunoglobulin mereka (surface imunoglobulins: sIg) berjumpa dengan antigen asing.Permukaan imunoglobulin sel-sel plasma dan imunoglobulin yang disekresikan bereaksi terhadap antigen yang sama.(Borucki,1997;18)
Secara keseluruhan,antibodi yang diketahui terdiri dari lima kelas yaitu IgG,IgM,IgA,IgD,dan IgE.Sebagian besar imunoglobulin yang bersirkulasi ke dalam darah adalah dari kelas IgG dan empat subkelasnya yaitu IgG1,IgG2,IgG3,dan IgG4.IgA disebut juga secretory Ab) merupakan imunoglobulin yang dominan berada di air liur,bronkus,dan bagian tubuh lain yang mensekresi mukus.Setelah mereka mengalami pemaparan pertama dengan satu antigen,imunoglobulin dari kelas IgM secara khusus muncul terlebih dahulu kemudian secara cepat diikuti oleh respon sekunder yang sama dengan ditunjukkan oleh antibodi dari kelas IgG.Kelas IgM merupakan antibodi dengan masa hidup yang pendek yaitu sekitar 6 enam bulan,sedang IgG mempunyai masa hidup yang lebih lama,biasanya sampai beberapa tahun.Pola kemunculan IgM yang timbul terlebih dahulu baru kemudian diikuti oleh IgG sering kali digunakan sebagai alat bantu dalam diagnostik,karena IgM akan muncul diawal proses infeksi akut dan hanya terdeteksi pada waktu yang pendek.IgD merupakan komponen terbesar dari imunoglobulin permukaan (sIg) sel B,dan IgE merupakan imunoglobulin efektor pada saat terjadi reaksi hipersensitivitas tipe 1 (immediate,alergi,anafilaksis).(Borucki,1997;18-19)
Respon imun seluler lebih bersifat komplek dan melibatkan komponen tiga macam populasi sel-sel T yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula yaitu helper kemudian supresor dan sitotoksik.Fungsi sel T helper dan supresor adalah membantu mengatur aktifitas respon efektor cell-mediated.(Borucki,1997;19)
Sel helper bekerja dengan meningkatkan atau memeprluas agresifitas respon cell-mediated (CMI).Penggolongan sel-sel T seringkali didasarkan pada penanda yang dibawa oleh sel tersebut dipermukaannya.Adanya penanda permukaan ini mengingatkan adanya fungsi yang berbeda pada subpopulasi dari sel-sel T;sebagai contoh,sebagian besar sel-sel T dengan aktifitas helper secara fenotip adalah sel-sel CD4.Sel-sel CD4 kemudian mewakili subpopulasi dari sel mediated respon imun.(Borucki,1997;19-20)
Virus penyebab imunodefisiensi pada manusia beriaktan dengan CD4 (OKT4) pada permulaan sel-sel CD4+ secara progresif terinfeksi oleh HIV,dan fungsi sel helper yang penting secara bertahap menghilang.HIV juga menginfeksi monosit atau makrofage,sel-sel yang mempresentasikan antigen dan selanjutnya memperlemah respon imun untuk bereaksi terhadap antigen-antigen baru (neoantigens) dengan mengganggu aktifitas sel-sel CD4 dan APC yang sangat penting dalam respon terhadap neoantigen.(Borucki,1997;20)
Sel-sel CD4 yang dapat ditekan tanpa adanya infeksi HIV,infeksi oleh virus serupa,atau karena sebab-sebab lain kondisi ini disebut limfositopenia TCD4+ Idiopatik atau ICL.ICL mempunyai sifat yang heterogen dalam hal pengaruhnya terhadap berbagai macam populasi dan menunjukkan maifestasi klinik yang berbeda ,kedua sifat tadi membuat ICL tidak sama dengan infeksi HIV dan AIDS.(Borucki,1997;20)
2.1.4 Etiologi dan Patogenesis
Human immunodefisiciency virus dianggap sebagai virus penyebab AIDS.Virus ini termasuk dalam famili retroviridae.(Borucki, 1997;23)
Nama retroviridae atau retrovirus diberikan pada jenis virus ini karena kemampuannya yang unik untuk mentransfer informasi genetik mereka dari RNA ke DNA dengan menggunakan enzim yang disebut reserve transkripse,cara ini meruapakan kebalikan dari proses transkripsi (dari DNA ke RNA) dan translasi (dari RNA ke protein).Walupun pada awalnya retrovirus dididentifikasi keganasan,tetapi pada saat ini semakin jelas hubungannya dengan berbagai penyakit degeratif seperti AIDS.Retrovirus secara umum dibagi menjadi dua kelas yaitu transforming retroviruses (onkogenik) dan non transforming retroviruses (lentivirus).(Borucki,1997;23)
Bila dibandingkan dengan virus-virus yang lain,retrovirus sukar berpindah dari satu pejamu ke pejamu yang lainnya.Ketidakmampuan untuk berpindah ini mencerminkan labilitas yang besar pada virion.Semua jenis retrovirus dapat diinaktivasi dengan mudah oleh deterjan dalam kadar ringan,pemanasan ringan,pengeringan serta cairan dengan pH rendah,sedang atau tinggi.Oleh karena itu transmisi virus ini diperkirakan tidak dapat terjadi melalui kontak fisik kecuali bila terkena darah atau cairan tubuh lainnya (seperti saat terjadinya hubungan seksual),maupun dari ibu ke janin yang dikandungnya.Kebanyakan infeksi retrovirus termasuk HIV didahului oleh suatu periode laten yang berlangsung selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.Periode laten yang panjang ini sudah harus diduga terjadi pada virus yang cara transmisi utamanya adalah vertikal atau kontak intim,karena virus yang membunuh pejamunya sebelum dapat ditransmisi tidak adapat bertahan hidup lama di alam.(Borucki,1997;24-25)
Hasil studi terakhir menyebutkan bahwa pada periode laten di mana replikasi HIV dalam darah rendah ,replikasinya pada jaringan limfoid,termasuk kelenjar limfe,limpa,tonsil,dan adenoid,sangat tinggi.(Borucki,1997;25)
Selanjutnya,dari bukti epidemologi awal pada penderita AIDS diperkirakan adanya agen yang dapat dipindahkan mungkin dalam bentuk virus,terutama semenjak diketahui bahwa cara transmisinya diketahui sama dengan virus hepatitis B yaitu melalui kontak seksual dan pertukaran darah dan produknya melalui transfusi.Hilangnya fenotip sel T CD4 secara perlahan dan selektif juga diperkirakan karen kemampuan afintas yang besar pada sel jenis ini. (Borucki,1997;25)
Keluarga Retroviridae pada manusia diketaui bersifat leukemogenik sel T dan menyebar melalui kontak yang dekat (terutama kontak seksual) dan/atau produk darah,maka dilakukan penelitian untuk mengetahui jenis retrovirus baru yang diperkirakan yang diperkirakan sebagai agen penyebeb AIDS.Hampir dalam waktu yang bersamaan dua kelompok peneliti,yang satu berasal Perancis diketahui oleh Luc Montagnier dan kelompok peneliti lain yang berasal dari Amerika,di bawah pimpinan pimpinan Robert C. Gallo mengisolasi retrovirus yang berasal dari penderita yang menderita AIDS.Kelompok peneliti dari Perancis menamai virus tersebut Lymphadeno associated virus (LAV),sedangkan Gallo menamai virus tersebut HTLV-III karena sebelumnya telah terindentifikasi retrovirus leukemogenik pada sel T lain yaitu,HTLV-1 dan HTLV-II.Kedua virus tersebut pada akhirnya dinyatakan sebagai agen yang identik dan melalui kesepakatan bersama disebut sebagai human immunodeficiency virus-1(HIV-1 atau HIV).Virus HIV kedua yang menyebabkan penyakit dengan spektrum yang sama telah berhasil diisolasi dan disebut dengan HIV-2.Angka kejadian dari penyakit yang disebabkan oleh virus HIV-2 ini di Amerika Serikat tercatat sangat jarang terjadi.(Borucki,1997;26)
Genom dari HIV mempunyai persamaan yang sangat erat dengan retroviridae lainnya dan terorganisasi dalam tiga segmen pemberi kode yaitu kelompok segmen yang mempunyai komponen protein antigen (the group associated antigen protein components : GAG),mantel pembungkus (the envelope:ENV),dan segmen polimerasi (POL).Virus HIV mempunyai kemampuan tambahan yang dapat memberikan kode untuk komponen pengatur,termasuk fungsi positif (memperbesar) dan fungsi negatif (menghambat).(Borucki,1997;26)
Gen HIV-ENV memberiakan kode pada sebuah protein 160-kilodalton (kD) yang kemudian membelah menjadi bagian 120-kD (eksternal) dan 41-kD (transmembranosa).Keduanya merupakan glikosilat;glikoprotein 120 (gp120) yang berikatan dngan CD4 dan mempunyai peran yang sangat penting dalam membantu perlekatan virus dengan sel target; Glikoprotein 41(gp41) mungkin saja terlibat dalam perlekatan antara sel terinfeksi sel sehat dan dalam pembentukan sinsitium.Antibodi yang terbentuk karena adanya kedua glikoprotein ini sangat khas terdapat dalam darah penderita yang terjangkit infeksi HIV.(Borucki,1997;26)
Protein-protein GAG merupakan komponen struktural utama dari virus ini.salah satu dari prtein-protein tersebut yaitu jenis protein 24-kD,p24,dapat ditemukan pada serum penderita yang menunjukan proses infeksi dan perkembangbiakan virus sedang berlangsung denagn aktif.dari data-data yang terkumpul diperkirakan adanya antigen ini pada serum penderita menandakan bahwa prognossis yang lebih buruk.Pada Penderita yang terinfeksi oelh virus HIV,di dalam peredaran darahnya akan ditemukan antibodi sebagai akibat adanya satu atau lebih protein-protein GAG.Antibodi-antibodi yang bekerja melawan komponen-komponen GAG atau ENV inilah yang diperiksa sewaktu dilakukan skrening darah dengan cara ELISA.(Borucki,1997;26-27)
Gen POL bekerja memberikan kode genetik untuk tiga komponen utama yaitu reserve transcriptase (RT),protease (PR) dan integrase (IN).Komponen pertama yaitu RT disebut demikian karena bukanya mentranskripsikan DNA menjadi RNA seperti skenario pada umumnya,tetapi justru mengubah virus RNA menjadi DNA,peristiwa inilah yang disebut transkripsi terbalik.Karena sel-sel pejamu manusia tidak memerlukan proses sepeti ini,maka proses transkripsi terbalik yang unik ini menjadi suatu cara yang berguna untuk pengobatan. (Borucki,1997;27)
Penyakit HIV akan diderita seumur hidup,tindakan-tindakan yang cukup keras harus diambil untuk mencegah penyebaran yang cepat dari virus tersebut.Hal yang perlu diingat adalah tidak semua orangnya yang menderita infeksi virus HIV akan langsung menunjukkan gejala-gejala klinik,sehingga transmisi dapat terus terjadi saat penderita masih dalam periode asimtomatik.Individu yang mempunyai resiko untuk memperoleh infeksi HIV dan mereka yang tercatat pernah menderita penyakit hubungan seksual lain perlu mendapatkan konseling mengenai pentingnya pemeriksaan HIV.Jika individu pada akhirnya menyetujui untuk dilakukan pemeriksaan maka pemberian konseling setelah pemeriksaan pada individu tersebut sangat dianjurkan walaupun hasilnya negatif.(Borucki,1997;27)
2.1.5 Klasifikasi,Gejala,dan Tanda klinis
Menurut Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC,186-188) mengklasifikasikan HIV/AIDS tergantung pada patofisiologi penyakit akibat peningkatan defisit imun dan penurunan fungsi.Klasifikasi HIV/AIDS adalah sebagai berikut :
(1) Group I; infeksi akut,seperti gejala flu dan tes antibodi terhadap HIV negatif.
(2) Group II (Asimtomatis); tes antibodi terhadap HIV positif,tidak ada gejala-gejala dan laboratorium yang mengarah ke HIV/AIDS
(3) Group III (Simtomatis); tes antibodi terhadap HIV Positif,dan terjadi pembesaran kelenjar limfe secara menetap dan merata (Persisten generalized lymphadenopathy)
(4) Group IVA; tes antibodi terhadap HIV positif,dan terjadi penyakit konstitusional (demam atau diare yang persisten,penurunan berat badan lebih 10% dari berat badan normal)
(5) Group IVB; sama dengan group IVA disertai adanya penyakit neurologi,dementia,neurophati,dan myelophati.
(6) Group IVC; sama dengan group IVB disertai sel CD4 < 200 mm,dan terjadi infeksi opurtunistik. (7) Group IV-D; sama dengan group IVC disertai terjadi tuberkulosis paru,kanker servikal yang invasif,dan keganasan yang lain. 2.1.6 Cara Pencegahan Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan AIDS,belum ada vaksin yang dapat mencegah terjadinya AIDS,dan belum ada metode yang terbukti dapat menghilangkan infeksi karier HIV.(Lyons& Valentine,1997;255)Karena alasan ini,segala usaha harus dilakukan untuk mencegah AIDS dengan cara :(1) Hindarkan hubungan seksual di luar nikah dan usahakan hanya berhubungan dengan satu pasangan seksual,(2)Pergunakan kondom,terutama bagi kelompok perilaku resiko tinggi,(3)Seorang ibu darahnya telah diperiksa dan ternyata positif HIV hendaknya jangan hamil ,karena bisa memindahkan virusnya kepada janin yang dikandungya,(4)Orang-orang yang tergolong pada kelompok perilaku resiko tinggi hendaknya tidak menjadi donor darah,dan (5) Menggunakan jarum suntik dan alat tusuk lainnya seperti; akupuntur,jarum tatto,jarum tindik,dll hendaknya sekali pakai dan harus terjamin streilitasnya.(Depkes,2002). 2.1.7 Pemeriksaan Diagnostik Untuk HIV Ada dua pemeriksaan yang sering dipakai untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap HIV.Yang pertama adalah ELISA (enzyme-linked immunosorbent assay),bereaksi terhadap antibodi yang ada adalam serum dengan memperlihatkan warna yang lebih tua jika terdeteksi antibodi virus dalam jumlah besar.Pemeriksaan ELISA mempunyai mempunyai sensitifitas 93% sampai 98% dan spesifitasnya 98% sampai 99% Kuhnl,1985).Tetapi hasil positif palsu (atau negatif palsu) dapat berakibat luar biasa,karena akibatnya sangat serius.Oleh sebab itu,pemeriksaan ELISA diulang dua kali,dan jika keduanya menunjukkan hasil positif,dilanjutkan dengan pemeriksaan yang lebih spesifik,yaitu Western blot.Pemeriksaan Western blot juga dilakukan dua kali.Pemeriksaan ini lebih sedikit memberikan hasil positif palsu atau negatif palsu.Jika seseorang telah dipastikan mempunyai seropositif terhadap HIV,maka dilakukan pemeriksaan klinis dan imunologik untuk menilai keadaan penyaki,dan mulai dilakukan usaha untuk mengendalaikan infeksi.(Price & Wilson,1995;204) 2.2 Pengetahuan dan Sikap Terhadap Pencegahan HIV/AIDS 2.2.1 Pengetahuan Pengetahuan merupakan hasil dari tahu,dan ini terjadi setelah seseorang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu.Penginderaan terjadi melalui panca Indera manusia,yakni indra penglihatan,pendengaran,penciuman,rasa dan raba.Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga.(Notoatmodjo, 1993;94) Menurut Notoadmodjo (1993) menyatakan bahwa “semakin banyak indra yang digunakan untuk menerima sesuatu maka semakin banyak dan semakin jelas pula pengertian/pengetahuan yang diperoleh”.(Notoadmodjo, 1997;109) Pengetahuan sering datang dari pengalaman (WHO, ;7).dari pengalaman dan penelitian,ternyata perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng dari pada perilaku yang tidak di dasari pengetahuan. Pengetahuan pada hakekatnya merupakan,segenap apa yang kita ketahui tentang suatu obyek tetentu.(Jujun s.Suriasumantri, 2000;104) Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang(Overt behaior).(Notoadmojo, 1997;94) 2.2.2 Sikap Sikap merupakan reflek suka dan tidak suka.(WHO,1988; ).Sikap adalah reaksi atau respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap suatu stimulus atau obyek.(Notoadmodjo, 1997;97) Sikap adalah pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap obyek tadi.Jadi sikap senantiasa terarah terhadap suatu hal,suatu obyek,tidak ada sikap yang tanpa obyek.Manusia dapat mempunyai sikap terhadap bermacam-macam hal.(Heri Purwanto, ;62), Menurut Notoatmodjo (1993) menyatakan,”suatu sikap belum otomatis terwujud dalam suatu tindakan (over behavior)”.(Notoatmodjo,1993;99) Menurut Neil Niven (2002;41) sikap terbentuk dari 3 komponen : (8) Komponen afektif: komponen ini berhubungan dengan perasaan dan emosi tentang seseorang atau sesuatu. (9) Komponen kognitif: sikap tentunya mengandung pemikiran atau kepercayaan tentang seseorang atau ssesuatu obyek. (10) Komponen perilaku: sikap terbentuk dari tingkah laku seseorang dan perilakunya. 2.2.3 Modifikasi Teori Determinan Perilaku 2.2.3.1 Pemikiran dan Perasaan (Thoughts and Feling) (1) Pengetahuan Pengetahuan diperoleh dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain. Dengan meningkatnya prevalensi HIV di Indonesia,ada potensi untuk penularan HIV lewat pelayanan kesehatan.Kekurangtahuan mahasiswa di bidang kesehatan mengenai HIV/AIDS merupakan potensi untuk penularan HIV lewat pelayanan kesehatan sehingga akan meningkatkan prevalensi HIV di Indonesia.(Jaringan Epidemologi Nasional, 1995;7) (2) Sikap Sikap menggambarkan suka atau tidak suka terhadap obyek,sikap sering diperoleh dari pengalaman sendiri atau orang lain yang paling dekat.Sikap membuat seseorang mendekat,atau menjauhi.Dalam hal ini siap positif tentang pencegahan HIV/AIDS tidak selalu terwujud dalam tindakan nyata.Hal ini disebabkan karena kurang berhati-hati dengan tindakan yang memudahkan mereka tertular HIV.Tindakan berisiko (seperti sarung tangan robek,tertusuk jarum,dan terkena cairan vagina atau darah ibu atau bayi).(Hadi P.,dkk,1993;15) (3) Nilai (value) Dalam suatu masyarakat apapun selalu berlaku nilai-nilai yang menjadi pegangan setiap orang dalam menyelenggarakan hidup bermasyarakat.(Notoatmodjo,1993;106) Cara pencegahan penularan HIV di tempat kerja petugas kesehatan (mahasiswa di bidang kesehatan) berbeda dengan cara pencegahan lainnya di luar pusat pelayanan kesehatan sehingga menganggap semua pasien yang dirawat di RS potensial mengidap HIV/AIDS juga akan menimbulkan kehati-hatian dalam perawatan. 2.2.3.2 Orang Penting Sebagai Referensi (Personal References) Perilaku orang lebih banyak dipengaruhi oleh orang-orang yang dianggap penting.Apabila seseorang itu penting.Apabila seseorang itu penting untuknya,maka yang ia atau perbuat cenderung untuk diikuti.(Notoatmodjo,1993;106).Pemerintah harus membuat aturan yang tegas bila tenaga kseshatan tidak memperhatikan prosedur sterilisasi yang benar. 2.2.3.3 Sumber-sumber daya (Resources) Sumber-sember daya di sini mencakup fasilitas-fasilitas,uang,waktu,tenaga,dan sebagainya.Semua itu berpengaruh terhadap perilaku seseorang atau kelompok masyarakat.Pengaruh sumber-sumber daya terhadap perilaku dapat bersifat positif maupun negatif. Salah satu keadaan yang memungkinkan penularan HIV di Indonesia adalah sarana pelayanan kesehatan tidak selalu melaksanakan prosedur sterilisasi dalam pemakaian jarum,semprit,dan peralatan lain yang invasif.(Jaringan Epidemologi Nasional,1992;2) 2.2.3.4 Kebudayaan (Culture) Kebudayaan atau pola hidup yang terdiri dari perilaku normal,kebiasaan,nilai-nilai,dan penggunaan sumber-sumber di dalam suatu masyarakat.(Notoatmodjo, 1993;106) Pemakaian jarum suntik berulang yang dilakukan oleh petugas kesehatan (mahasiswa) merupakan potensi untuk penularan HIV lewat pelayanan kesehatan.( Jaringan Epidemologi Nasional,1992;13) Dari teori tim WHO tersebut di atas dapat disimpulkan sebagai berikut: B = f (TF,PR,R,C) Dimana B : Behavior PR : Personal References f : fungsi R : Resources TF : Thoughts and Feeling C : Culture 2.3 Kerangka Konseptual 2.3.1 Narasi Pengetahuan dan sikap masiswa dipengaruhi oleh sumber informasi yang diterima tentang pencegahan HIV/AIDS.Pengetahuan dan sikap mahasiswa ini akan mempengaruhi kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS. Kepedulian pencegahan HIV/AIDS dipengaruhi oleh; orang penting sebagai referensi (Personal references),seperti; tenaga kesehatan (dokter,perawat,dan lain-lain);Cultur (Budaya) pemakaian alat kesekatan (jarum suntik yang berulang).Sedangkan sumber daya yaitu sarana pelayanan kesehatan tidak melaksanakan prosedur sterilisasi. Kepedulian terhadap pencegahan HIV/AIDS akan mempengaruhi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia umumnya khususnya di Surabaya. Karena kompleksnya masalah ini,maka peneliti hanya ingin meneliti tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan kerangka konseptual berikut. 2.3.2 Bagan Kerangka Konsep SUMBER INFORMASI Pengetahuan HIV/AIDS THOUGHT & FEELING Sikap - Pengertian HIV/AIDS Kepercayaan dan Nilai - PenderitaHIV/AIDS - Cara transmisi HIV - Imunulogi - Etiologi&Patogenesis - Klasifikasi,gejala,dan tanda klinis - Cara pencegahan - Pemeriksaan HIV/AIDS Kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS Personal Reference - Peringatan dari Penderita Sumber - Tenaga Kesehatan - Ikut Seminar - Sarana (Dokter,Perawat,) - Tersedianya leaflet/stiker anti HIV/AIDS pelaya- - Dosen - Tes terhadap HIV/AIDS nan yg - Orang Tua tidak - Ulama melak--- Pemerintah sanakan prose- dur ste- rilisasi Budaya -Pemakaian alat kesehatan berulang- ulang Pencegahan terhadap HIV/AIDS Keterangan : yang diteliti ------------- : Tidak diteliti B = f(Tf,PR,C,R)
BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab berikut ini akan diuraikan tentang desain penelitian, kerangka kerja penelitian, populasi, sampel dan sampling, identifikasi variabel, teknik pengumpulan dan analisa data, masalah etika dan keterbatasan dalam penelitian. 3.1 Desain Penelitian Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode Cross sectional (Burns & Grove, 1999) untuk mengukur tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa Akper Unmuh Surabaya terhadap kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS pada suatu waktu tertentu. 3.2 Kerangka Kerja Independen dependen Sumber Informasi Pengetahuan&Sikap Kepedulian pada Pencegahan HIV/AIDS Pengetahuan -Pengertian HIV/AIDS - Peringatan dari penderita -Cara transmisi HIV - Ikut seminar -Imunologi - Tersedianya leaflet/stiker -Etiologi&Patogenesis tentang HIV/AIDS -Klasifikasi,gejala,dan tanda - Tes terhadap HIV/AIDS klinis -Cara pencegahan -Pemeriksaan HIV Sikap -Penderita HIV 3.3 Populasi, sampel dan sampling 3.3.1 Populasi Populasi adalah keseluruhan dari suatu variabel yang menyangkut masalah yang diteliti (Nursalam & Siti Pariani,2000;64).Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. 3.3.2 Besar sampel Besar sample adalah banyaknya anggota yang akan dijadikan sample (Zainudin,1999).Pada penelitian ini besar sample adalah sebagian mahasiswa Akper Unmuh Surabaya. Besar sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan rumus : N.z.p.q n = d(N-1)+z.p.q n = Perkiraan jumlah sampel N = Perkiraan besar populasi Z = Nilai standar normal untuk : 0.05 (1.96) P = Perkiraan proporsi,jika tidak diketahui dianggap 50% q = 1- p (100% - p) D = Tingkat kesalahan yang dipilih Berdasarkan rumus tersebut diatas dan jumlah mahasiswa Akper Unmuh Surabaya per 30 Mei 2002 yaitu 180 mahasiswa,maka perhitungan besar sampel adalah : 180(1,96)2.0,5.0,5 n = (0,05)(180-1) + (1,96)2 .0,5.0,5 180(1,96)2.0,5.0,5 n = (0,05)(180-1) + (1,96)2.0,5.0,5 180(3,84).0,25 n = (0,050(179)+(3,84).0,25 172,87 n = 9,91 n = 17,44 dibulatkan menjadi 18 mahasiswa Jadi sampel yang akan diambil adalah 18 mahasiswa 3.3.4 Sampling Sampling adalah suatu proses dalam menyeleksi porsi dari populasi untuk dapat mewakili populasi (Burns&Grove,1991;37) Sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel (Polit & Hungler,285) 3.4 Identifikasi variabel dan definisi operasional
3.4.1 Variabel penelitian Macam-macam variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah :
1) Variabel independen : Pengetahuan Yaitu Pengetahuan tentang ;pengertian HIV/AIDS;cara transmisi;imunologi;etiologi&patogenesis;klasifikasi,gejala, dan tanda klinis; cara pencegahan HIV/AIDS,dan pemeriksaan HIV.
(2) Variabel independen : Sikap Yaitu sikap responden terhadap penderita HIV/AIDS
(3) Variabel dependen : kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS Yaitu kepedulian mahasiswa pada pencegahan HIV/AIDS meliputi : peringatan dari penderita,ikut seminar,tersedianya leaflet/stiker anti HIV/AIDS dan test HIV. 3.4.2 Definisi Operasional Variabel Definisi Operasional Parameter Alat Ukur Skala Skor Independen Pengetahuan Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu,dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu obyek tertentu.Pengindraan terjadi melalui panca indra manusia, yakni indra penglihatan,pendenga-ran,penciuman,rasa,danraba,sebagian besarpengetahuan manusia diperoleh melaui mata dan telinga. (Notoatmodjo,1993) Pengetahuan mahasiswa tentang : -Pengertian HIV/AIDS -Cara transmisi -Imunologi -Etiologi dan patogenesis -Klasifikasi, gejala dan tanda klinis -Cara pencegahan -Pemeriksaan HIV Kuesioner Ordinal Kategori: 1.Baik: 2. Kurang : Independen Sikap Sikap menggambarkan suka atau tidak suka sesorang terhadap obyek. (Notoatmodjo,1993) Sikap terhadap -Penderita HIV/AIDS Kuesioner Ordinal Kategori : 1.Baik : 3-5 2.Kurang : 0-2 Dependen Kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS Kepedulian atau perhatian pada pencegahan HIV/AIDS Kegiatan nyata dari mahasiswa : -Memberi- kan penyu- luhan pada masyarakat -tersedianya leflet/stiker anti HIV/AIDS,mengikuti seminar,serta suka rela untuk pemeriksa-an HIV Kuesioner dan observasi Ordinal Kategori: 1.Baik 5 – 8 2.Kurang 0 - 4 3.5 Pengumpulan data dan Analisa Data Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner yang akan diisi responden kemudian untuk jawaban yang kurang jelas dilakukan wawancara langsung di lokasi penelitian yaitu di Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Data yang dikumpulkan meliputi tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa Akper Unmuh Surabaya terhadap kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS.Data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan penyuntingan.Data dianggap memenuhi syarat bilamana : (1) Seluruh data terisi lengkap dan jelas (2) Responden pengisi data terkontrol dan tidak dipengaruhi orang lain (3) Tidak terdapat faktor perancu data : tambahan informasi dari orang lain. Data yang telah terkumpul kemudian diolah yang meliputi identifikasi masalah penelitian,kemudian pengujian masalah penelitian dengan uji statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap reponden terhadap kepedulian pada pencegahan HIV/AIDS dengan Uji Korelasi Spearman. Seluruh teknis pengolahan data statistikal dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS). 3.6 Masalah Etika 1) Persetujuan Responden ditetapkan setelah terlebih dahulu mendapatkan penjelasan tentang kegiatan penelitian, tujuan dan dampak bagi mahasiswa, serta setelah responden menyatakan setuju untujk dijadikan responden secara tertulis melalui Informed Concern. Calon responden yang tidak menyetujui untuk dijadikan responden tidak akan dipaksa. 2) Anomanitas (tanpa nama) Seluruh responden yang dijadikan dalam sampel penelitian tidak akan disebutkan namanya baik dalam kuesioner maupun dalam penyajian pelaporan penelitian 3) Kerahasiaan Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian akan dirahasiakan identitas spesifiknya (nama, gambar/foto, ciri-ciri fisik) dan hanya informasi tertentu saja yang ditampilkan. 3.7 Keterbatasan (1) Sampel penelitian yang digunakan hanya terbatas pada mahasiswa Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya saja sehingga kurang representatif untuk dilakukan generalisasi hasil. (2) Waktu yang digunakan dalam penelitian ini terbatas sehingga hasil penelitian tidak dapat digeneralisasikan (3) Alat ukur data dirancang oleh peneliti sendiri tanpa melakukan uji coba sehingga hasil yang didapat mungkin kurang valid,oleh karena itu validitas dan reabilitasnya masih perlu diuji coba. Daftar Pustaka Abraham,Charles & Shanley,Eamon (1997),Psikologi Sosial Untuk Perawat, Jakarta : Penerbit EGC, Amin,Ghazali M.,(2002),AIDS,Pesan Moral dan Gaya Hidup Dalam Ketahan Keluarga,: Mentari, Universitas Muhammadiyah Aceh. Bayne, Marilyn V & Ignatavicus, Donna D (1991) Medical – Surgical Nursing, A Nursing Proccess Approach, Philadelphia :W. B Saunders Co. Burns, Nancy & Grove, Susan K. (1999) Understanding Nursing Research, 2nd ed., Philadelphia: W.B Saunders Co. Departemen Kesehatan RI (1997),AIDS dan Penanggulangan,Depkes RI. Depkes RI.(2002),AIDS.http://www.charweb.org/health/aids/mainpage.html Dewit,Susan C.(1998),Essentials of Medical Surgical Nursing, Philadelphia: W.B Saunders Co. Faugier,Jean & Hicken Ian (1996), AIDS and HIV The nursing Response,Chapman & Hall. Heri Purwanto,Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan, Jakarta : Penerbit EGC. Jaringan Epidemologi Nasional (1995),AIDS & Petugas Kesehatan.JEN. Jaringan Epidemologi Nasional (1995),Saripati AIDS di Indonesia.JEN. Jawa Pos (2002),Pria Indonesia Tak Setia,Jawa Pos.15 Juni Muma,Richard D.,dkk (1997),(alih bahasa Sinta Prawitasari),HIV: Manual Untuk Tenaga Kesehatan, Jakarta : Penerbit EGC. Niven,Neil (2002),Psikologi Kesehatan:Pengantar Untuk Perawat dan Profesi Kesehatan Lain,Edisi2, Jakarta : Penerbit EGC. Notoatmodjo,Soekidjo (1997),Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta : Rineka Cipta. Notoatmodjo,Soekidjo (1993),Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan, Yogyakarta : Andi Offset. Nursalam,Pariani ,S.(2001),Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan,Jakarta :CV.Sagung Seto Polit,Denise F. & Hungler,Bernadette P.,Nursing Research Principles and Methods, Philadelphia: J.B Lippincott Company. Price,Sylvia A. & Wilson,Lorraine M.(1995),Patofisiologi :Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, Jakarta : Penerbit EGC Suriasumantri, Jujun S.,(2000),Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer,Jakarta: Penerbit Pustaka Sinar Harapan. Vrisaba,Rahardian (2001),Kiat Menangkal AIDS, Bandung : CV.Pionir Jaya, World Health Organization (1988), Education for Health, A Manual on Health Education In Primary Health Care.Geneva,WHO. Zainudin,(1999).Metodologi Penelitian.Surabaya:Airlangga University Press. Abraham & Stanley(1996), Konseling Keperawatan, Penerbit EGC, jakarta Ader, Albert (1996) Psichoneuroimmunology, J.B Lippincott Company, Philadelphia Bayne, Marilyn V & Ignatavicus, Donna D (1991) Medical – Surgical Nursing, A Nursing Proccess Approach, W. B Saunders Co,, Philadelphia Burns, Nancy & Grove, Susan K. (1999) Understanding Nursing Research, 2nd ed., W.B Saunders Co., Philadelphia Chitty, Kay K. (1997) Professional Nursing, Concepts and Challenge, 2nd edition, W.B Saunders Co, Philadelphia Carpenito, Linda Juall (1995) Nursing Diagnosis, JB Lippincott Co. Philadelphia Dempsey, Patricia Ann & Dempsey, Arthur D. (1995) Nursing Research With Basic Statistical Application, Jones & bartlett Publ., Boston George, Julia B (1990) Nursing Theories, The Base For Professional Nursing Practice, Appleton & Lange, Conecticut Guyton & Hall (1996) Fisiologi Kedokteran, Penerbit EGC, Jakarta Kozier,Barbara; Erb, Glenora (1991) Fundamentals Of Nursing, Concepts, Proccess and Practice, Addison-Wesley Co. Inc.,Philadelphia Lillis, Carol; Taylor, Carol (1997) Fundamentals of Nursing, The Arts and Science of Nursing Care, 3rd ed.,J.B. Lippincott Co., Philadelphia Lonnquist, Linne E & Weiss, Gregory L (1997) The Sociology of Health, Healing and Illness, 2nd edition, Prentice-Hall, New Jersey Oswari, E (1993) Bedah dan Perawatannya, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Price, S.A; Wilson, LM (1995) Fisiologi Proses-Proses Penyakit, edisi Terjemah, Penerbit EGC, Jakarta Rothrock, Jane C (1999) Perencanaan Asuhan Keperawatan Perioperatif, EGC, Jakarta Sastroasmoro, S & Ismail, S, (1995). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinik, Binarupa Aksara, Jakarta. Schwartz (2000) Ilmu Bedah, edisi Tejemah, Penerbit EGC, Jakarta Santoso, Singgih (2000) Statistical Product and Service Solutions Versi 7,5, Cet. 3, Elek Media Computindo, Jakarta Stromborg, Marylin F. (1988) Instruments for Clinical Nursing Research, Appleton & lange, Connecticut Sugiyono (2001) Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Cet. 2, C.V Alfabeta, Bandung Sugiyono (2000) Statistik Untuk Penelitian, Cet. 2, C.V Alfabeta, Bandung Zainuddin, Muhammad (1988) Metodologi Penelitian, __________ , _______ Hipotesis : Hipotesis awal : Tindakan preoperasi tidak behubungan dengan tingkat kecemasan pre operasi pada klien fraktur Hipotesis Kerja : Tindakan preoperasi berhubungan tingkat kecemasan pre operasi pada klien fraktur
BAB 4
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berikut ini dibahas hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Ruang Bedah B RSUD Dr. Soetomo selama tanggal 14 Februari 2002 sampai dengan 16 Maret 2002; yang meliputi gambaran deskriptif responden, gambaran deskriptif tingkat kecemasan dan tindakan keperawatan serta analisa hubungan antara tindakan keperawatan dan tingkat kecemasan. 4.1 Hasil 4.1.1 Karakteristik Responden b) Karakteristik Responden Berdasarkan Kelompok Umur Diagram 4.1. Karakteristik Responden Berdasarkan Kelompok Umur Berdasarkan diagram diatas terlihat bahwa sebagian besar responden (60,0 %) merupakan kelompok usia 31-40 tahun. c) Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat pendidikan Diagram 4.2. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan Berdasarkan data diatas terlihat bahwa tingkat pendidikan terbanyak dari responden adalah SLTA (46,7 %). d) Karakteristik Responden Berdasarkan Pekerjaan Diagram 4.3. Karakteristik Responden Berdasarkan Pekerjaan Dari diagram diatas tampak gambaran bahwa sebagian besar responden (43,3 %) memiliki pekerjaan swasta. d) Tingkat Kecemasan Responden Tingkat kecemasan klien dapat digambarkan dalam diagram sebagai berikut : Diagram 4.4 Tingkat Kecemasan Responden Berdasarkan pada gambar diatas terlihat bahwa berdasarkan Skala Hamilton Anciety Rating Scale; tingkat kecemasan responden dalam rentang tidak cemas, cemas ringan dan cemas sedang. Jumlah terbanyak adalah klien dengan kecemasan ringan yaitu 17 responden (56,7 %), selanjutnya kelompok dengan tanpa kecemasan sebanyak 9 responden (30 %) dan kecemasan sedang sebanyak 4 responden (13,3 %). b) Tindakan Perawatan Preoperatif Jumlah tindakan keperawatan preoperatif pada tiap-tiap responden tergambar dalam diagram : Diagram 4.5. Tindakan Keperawatan Preoperatif Berdasarkan pada gambaran diatas maka terlihat bahwa sebagian besar tindakan keperawatan yang diselenggarakan oleh perawat kurang adekuat yaitu sebanyak 25 tindakan (83,3 %) dan sedang sebanyak 5 tindakan (16,7 %). 4.1.2 Hubungan antara persiapan preoperasi dan tingkat kecemasan Hubungan antara tindakan keperawatan preoperatif dengan tingkat kecemasan dapat digambarkan diagram berikut : Diagram 4.6:Hubungan Tindakan Keperawatan Preoperatif dan Tingkat Kecemasan pada responden Berdasarkan grafik diatas tergambar adanya pola hubungan antara tingkat pelayanan keperawatan preoperatif dimana terdapat gambaran bahwa responden yang mendapatkan tindakan preoperatif relatif banyak cenderung memiliki kecemasan yang relatif rendah. Berdasarkan uji hubungan yang dilakukan dengan menggunakan uji Spearman-Rank didapatkan nilai kemaknaan 0,0106 < 0,05 atau Ho ditolak; yang berarti bahwa terdapat hubungan antara tindakan keperawatan preoperatif terhadap tingkat kecemasan. Selanjutnya bedasarkan koefisien korelasi Spearman didapatkan nilai –0,459 yang berarti bahwa hubungan yang dibentuk antara tindakan keperawatan preoperatif dengan tingkat kecemasan cukup kuat (Notoadmodjo, 1993) dan hubungan yang terbentuk bernilai negatif yang artinya antara tindakan keperawatan dan tingkat kecemasan bersifat saling meniadakan. 4.2 Pembahasan Berdasarkan pada karakteristik responden didapatkan bahwa sebagian besar responden berusia 31-40 tahun (60,0 %). Hal ini dimungkinkan karena fraktur dapat disebabkan oleh trauma baik langsung maupun tidak langsung (Oswari, 1993) yang kemungkinannya besar terjadi pada kelompok usia produktif, baik akibat kecelakaan kerja maupun kecelakaan lainnya. (Lonquist & Weiss, 1997). Selanjutnya berdasarkan pekerjaan juga didapatkan bahwa penderita sebagian besar bekerja swasta (46,7 %). Hal ini dimungkinkan karena kelompok dengan pekerjaan swasta merupakan kelompok yang dituntut oleh lingkungan kerja menjadi besar; selain itu juga karena RSUD Dr. Soetomo terletak di daerah perkotaan sehingga sektor diluar pertanian dan sektor nonformal dan swasta menjadi lebih menonjol. Berdasarkan tingkat kecemasan klien didapatkan bahwa sebagian besar klien mengalami kecemasan (70 %) dan 30 % yang lain tidak dikatagorikan mengalami kecemasan. Hal ini sesuai dengan konsep bahwa klien yang akan dioperasi akan mengalami kecemasan (Chitty, 1997). Dari data juga didapat bahwa tingkat kecemasan klien berfariasi dari tingkatan tidak mengalami kecemasan; kecemasan ringan dan kecemasan sedang. Hal ini sesuai dengan pendapat Peplau (1963) dalam (Chitty, 1997) yang menyebutkan bahwa kecemasan dapat terjadi dalam suatu rentang (kontinuum). Adanya tingkat kecemasan ringan sebanyak 17 responden (56,7 %) yang lebih banyak dari kecemasan sedang (13,3 %) merupakan suatu kondisi yang tampaknya perlu dicermati karena menurut Carpenito (1999) kecemasan pada klien yang akan menjalani operasi biasanya merupakan kecemasan derajad sedang. Namun hal ini dapat dijelaskan kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor : 1) alat ukur yang digunakan merupakan alat ukur untuk mengukur derajad kecemasan umum sehingga mungkin kurang valid dalam mengukur derajad kecemasan preoperasi; 2) Tingkat kecemasan yang diukur merupakan tingkat kecemasan yang telah mendapatkan inervensi keperawatan; sehingga kemungkinan derajad kecemasan yang terjadi telah mengalami penurunan akibat tindakan keperawatan preoperatif. Berdasarkan tindakan keperawatan yang telah dilaksanakan oleh para perawat Ruang Bedah B RSUD Dr. Soetomo Surabaya terhadap klien yang akan dioperasi; terdapat gambaran bahwa tindakan keperawatan yang memiliki rentang kurang sebanyak 25 (83,3 %) tindakan dan tindakan keperawatan preoperatif yang cukup sebanyak 5 tindakan (16,5 %). Namun dari seluruh responden tidak ada yang tidak mendapatkan tindakan keperawatan preoperatif. Adanya tindakan yang dalam tingkat yang berbeda dimungkinkan karena pengambilan data yang dilakukan masih dalam tahap-tahap preoperatif sehingga memungkinkan adanya tindakan keperawatan yang diberikan pada klien setelah pengambilan data; dan hal ini tidak diikuti oleh peneliti sehingga seluruh tindakan kepeawatan selesai dilaksanakan. Berdasarkan pada uji hubungan antara tindakan keperawatan preoperatif dan tingkat kecemasan didapatkan adanya hubungan antara tingkat kecemasan dan tindakan keperawatan dalam signifikansi p = 0,0106. Selanjutnya berdasarkan koefisien korelasi Spearman didapatkan nilai –0,459 yang berarti bahwa hubungan yang dibentuk antara tindakan keperawatan preoperatif dengan tingkat kecemasan cukup kuat (Notoadmodjo, 1993). Hal ini secara teoritik dapat diterangkan bahwa adanya berbagai tindakan keperawatan merupakan bentuk dukungan profesional dan dukungan sosial yang dapat memberikan pengaruh baik fisik maupun psikologis sehingga klien merasa lebih aman dan akhirnya kecemasan dapat menurun (Lonquis & Weiss, 1997). Selain itu juga karena kecemasan lebih merupakan pengalaman psikologis dan lebih sering timbul karena ketidaktahuan tentang konsekuensi pembedahan dan prosedur bedah itu sendiri (Chitty, 1997; Stuard&Laraia, 1998) maka klien yang mendapatkan persiapan preoperasi tentu akan lebih memiliki pemahaman karena dalam persiapan preoperatif terkandung unsur persiapan psikologis dan sekaligus bentuk komunikasi untuk mengurangi ketidaktahuan tentang konsekuensi pembedahan. ( Lilis & taylor, 1997).
BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa :
1) Klien dengan fraktur yang akan menjalani operasi di ruang bedah B mengalami kecemasan dalam rentang tidak ada cemas sampai dengan kecemasan ringan. Derajad kecemasan terbanyak adalah kecemasan ringan (56,7 %).
2) Klien dengan fraktur yang akan menjalani operasi mendapatkan tindakan keperawatan preoperatif.. Jumlah/kuantitas tindakan keperawatan preoperatif yang diberikan rata-rata masih kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.
3) Terdapat hubungan tindakan keperawatan preoperatif terhadap tingkat kecemasan pada klien fraktur yang dirawat di ruang bedah B,dimana koefisien korelasi sebesar -0,459 atau hubungan yang terbentuk cukup kuat. Hubungan yang terbentuk merupakan hubungan negatif (saling meniadakan) dimana tindakan keperawatan dapat menurunkan derajad kecemasan
5.2 Saran Mengacu pada hasil kesimpulan diatas; maka disarankan agar :
1) Perlunya dilakukan penelitian dalam lingkup yang lebih luas sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan, dengan melibatkan faktor-faktor pengontrol/perancu yang mungkin mempengaruhi tindakan keperawatan preoperatif maupun terhadap tingkat kecemasan.
2) Perlunya disusun alat ukur khusus dalam pengukuran kecemasan untuk situasi preoperatif sehingga lebih mampu mencerminkan gambaran tingkat kecemasan yang sebenarnya
3) ditingkatkannya kuantitas dan kualitas pelayanan keperawatan preoperatif yang menyangkut aspek fisik, psikologis, sosial dan spiritual
4) Perlunya disusun/diteliti suatu prosedur baku yang memungkinkan tindakan penurunan/reduksi kecemasan pada klien keperawatan preoperatif.
Daftar Pustaka
Abraham & Stanley(1996), Konseling Keperawatan, Penerbit EGC, jakarta Ader, Albert (1996) Psichoneuroimmunology, J.B Lippincott Company, Philadelphia Bayne, Marilyn V & Ignatavicus, Donna D (1991) Medical – Surgical Nursing, A Nursing Proccess Approach, W. B Saunders Co,, Philadelphia Burns, Nancy & Grove, Susan K. (1999) Understanding Nursing Research, 2nd ed., W.B Saunders Co., Philadelphia Chitty, Kay K. (1997) Professional Nursing, Concepts and Challenge, 2nd edition, W.B Saunders Co, Philadelphia Carpenito, Linda Juall (1995) Nursing Diagnosis, JB Lippincott Co. Philadelphia Dempsey, Patricia Ann & Dempsey, Arthur D. (1995) Nursing Research With Basic Statistical Application, Jones & bartlett Publ., Boston George, Julia B (1990) Nursing Theories, The Base For Professional Nursing Practice, Appleton & Lange, Conecticut Guyton & Hall (1996) Fisiologi Kedokteran, Penerbit EGC, Jakarta Kozier,Barbara; Erb, Glenora (1991) Fundamentals Of Nursing, Concepts, Proccess and Practice, Addison-Wesley Co. Inc.,Philadelphia Lillis, Carol; Taylor, Carol (1997) Fundamentals of Nursing, The Arts and Science of Nursing Care, 3rd ed.,J.B. Lippincott Co., Philadelphia Lonnquist, Linne E & Weiss, Gregory L (1997) The Sociology of Health, Healing and Illness, 2nd edition, Prentice-Hall, New Jersey Oswari, E (1993) Bedah dan Perawatannya, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Price, S.A; Wilson, LM (1995) Fisiologi Proses-Proses Penyakit, edisi Terjemah, Penerbit EGC, Jakarta Rothrock, Jane C (1999) Perencanaan Asuhan Keperawatan Perioperatif, EGC, Jakarta Sastroasmoro, S & Ismail, S, (1995). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinik, Binarupa Aksara, Jakarta. Schwartz (2000) Ilmu Bedah, edisi Tejemah, Penerbit EGC, Jakarta Santoso, Singgih (2000) Statistical Product and Service Solutions Versi 7,5, Cet. 3, Elek Media Computindo, Jakarta Stromborg, Marylin F. (1988) Instruments for Clinical Nursing Research, Appleton & lange, Connecticut Sugiyono (2001) Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Cet. 2, C.V Alfabeta, Bandung Sugiyono (2000) Statistik Untuk Penelitian, Cet. 2, C.V Alfabeta, Bandung Zainuddin, Muhammad (1988) Metodologi Penelitian,
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Trima kasih infonya,,,
BalasHapussaya mau nanya juga,,, ada gak contoh skripsi tentang "Hubungan Antara Minat dan
Motivasi Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Klinik Keperawatan dengan
Pencapaian Target Keterampilan Klinik keperawatan jiwa"...???
Klo ada tolong di poskan secepatnya y,,, soalnya saya butuh bnget untuk bahan acuan saya buat nyusun skripsi saya,,,,
terima kasih sebelumnya y,,,