Selasa, 30 November 2010

STROKE

Stroke bagi kebanyakan orang merupakan suatu penyakit yang sulit disembuhkan dan akan mengakibatkan kelumpuhan dibagian tubuh tertentu, dalam hal ini saya akan sampaikan sedikit informasi mengenai stroke.
Stroke merupakan penyakit gangguan fungsional otak berupa kelumpuhan syaraf/defisit neurologik akibat gangguan aliran darah pada salah satu bagian otak.
Secara sederhana stroke didefinisikan sebagai penyakit otak akibat terhentinya suplai darah ke otak karena sumbatan atau pendarahan, dengan gejala lemas/lumpuh sesaat, atau gejala berat sampai hilangnya kesadaran, dan kematian.Stroke berupa iskemik maupun perdarahan (hemoragik).
Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena aterosklerotik atau bekuan darah, melalui proses aterosklerosis.

Pada stroke pendarahan (hemoragik), pembuluh darah pecah sehingga aliran darah menjadi tidak normal dan darah yang keluar merembes masuk ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya.
Stroke akut,baik yang iskemik maupun hemoragik, merupakan kedaruratan medis yang memerlukan penanganan segera karena dapat menimbulkan kecacatan permanen atau kematian.
Menurut WHO, stroke adalah tanda-tanda klinis mengenai gangguan fungsi serebral secara fokal ataupun global, yang berkembang dengan cepat, dengan gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih, atau mengarah ke kematian tanpa penyebab yang kelihatan, selain tanda-tanda yang berkenaan dengan aliran darah di otak. Ada 3 (tiga) pilihan bagi penderita Stroke bisa sembuh sempurna, sembuh dengan cacat, atau berakibat kematian
by. Sehat Jasmani dan Rohani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kumpulan Proposal/Skripsi